Search

Tumbuhan Sekitar Kita








Tumbuhan Sekitar Kita


Ketika melihat sekeliling kita, dengan sangat mudahnya kita bisa menemukan tumbuhan di sekitar kita, kecuali di daerah gersang. Tumbuhan ini mulai dari semak, rumput, sampai pohon besar. Kemudian tumbuhan ini terbagi-bagi menjadi beberapa kelompok / jenis yaitu kelompok tumbuhan hijau, berwarna, berbuah, atau berbunga. Bagaikan manusia dan binatang, semua jenis tumbuhan merupakan makhluk hidup. Mereka bernapas, berkembang biak, dan perlu makan dan minum. Hebatnya, tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri, walaupun ada beberapa jenis yang tidak bisa menghasilkan makanannya sendiri. Caranya dengan mengolah klorofil ( zat hijau daun ), sinar matahari, air, dan karbo dioksida, menjadi oksigen dan glukosa ( makanan / buah ) yang disebut dengan proses fotosintesis.



Manfaat Tumbuhan


Tumbuhan bukan hanya bisa memperindah lingkungan, tumbuhan juga dapat memberi beragam manfaat lain bagi manusia. Seperti padi dan gandum sebagai makanan pokok. Dan masih banyak lagi tumbuhan yang berguna asal kita dapat menemukan,memanfaatkan,dan digunakan sebaik-baiknya dan jangan juga lupa untuk menjaga kelestariannya.



Ilmu Tumbuhan


Setiap ilmu pengetahuan pasti memiliki cabang ilmunya masing-masing, khusus untuk cabang ilmu tumbuhan disebut botani. Ilmu ini masih terbagi lagi menjadi anatomi tumbuhan, histologi tumbuhan ( penelitian tentang jaringan ),
sampai yang bersifat terapan seperti hortikultura ( tanaman perkebunan ), kehutanan, agronomi ( ilmu pengetahuan di bidang pertanian ) dan masih banyak lagi, bahkan bisa bertambah seiring di temukannya tumbuhan-tumbuhan baru dan membuat ilmu tumbuhan terus bertambah dalam cabangnya.
Sumber : ENSIKLOPEDIAKU frisian flag dan fuadslibrary



1 komentar: