Search

Relief Bumi




Relief Bumi



Daftar isi :


Relief Bumi


relief bumi

Permukaan bumi kita tidaklah rata walaupun sering dibilang bumi itu bundar. Ada yang berbentuk cekungan, dataran tinggi maupun dataran rendah. Inilah yang disebut dengan relief bumi. Dalam bentuk nyata, relief tersebut bisa berupa gunung, jurang yang seram tapi indah, daratan ataupun lembah-lembah.
Relief bumi ini terbentuk oleh faktor alam itu sendiri.
Ada relief bumi yang dibentuk alam dalam waktu cepat, tetapi ada juga yang memakan waktu hingga ratusan tahun. Kadang-kadang, manusia menyebut relief bumi yang indah sebagai keajaiban alam.



Gua


Gua juga merupakan salah satu bentuk relief bumi. Gua bisa terbentuk karena peristiwa tektonik, vulkanik, erosi. Didalam gua sering didapati relief bumi lain yang disebut stalaktit dan stalagmit.



Fakta Menarik


Dataran Nullarbor sepanjang 970 kilometer dan tinggi 60-120 meter di Australia Selatan muncul dari permukaan laut selama 1 juta tahun terakhir. Sebelumnya merupakan dasar laut.




pahatan alam

Di sejumlah permukaan bumi dapat ditemui relief bumi yang menakjubkan, misalnya, tiang-tiang batu di Arizona, Amerika Serikat. Tiang-tiang ini dibentuk oleh pasir yang dibawa oleh angin. Selain itu, hujan dan aliran sungai juga membentuk relief bumi.

Sumber : ENSIKLOPEDIAKU frisian flag


Tidak ada komentar:

Posting Komentar