Search

Kelapa






Kelapa






Daftar isi :


Kelapa




Kelapa ( Cocos nucifera ) merupakan bagian dari keluarga besar palma ( Arecaceae ). Umumnya, tanaman ini berbatang tegak dan tidak bercabang, memiliki daun-daun yang berbentuk pelepah.
Tanaman ini suka sekali sinar matahari. Ia dapat tumbuh, berkembang, dan berbuah dengan baik hanya jika mendapat banyak sinar matahari, temperatur rata-rata 27C, dan curah hujan cukup. Maka tidak mengherankan kalau kita sering menemukan tanaman ini di pantai atau daerah tropis lain.




Buah Kelapa




Buah kelapa berukuran cukup besar. Buah ini terdiri atas beberapa lapisan. Dari yang terluar berupa kulit luar, kemudian berturut-turut sabut, tempurung, daging buah, dan air kelapa. Pada beberapa jenis kelapa juga terdapat lembaga berbentuk bulat, yang menjadi bagian terakhir buah ini.




Nama Lain Kelapa




Terdapat beberapa nama lain kelapa yang diberikan karena besarnya manfaat tanaman ini bagi manusia. Dalam Sansekerta misalnya, pohon kelapa disebut kalpa vriskha, yang artinya pohon yang menyediakan beragam keperluan. Di Filipina, mereka menyebutnya Tree of Life, sedangkan Malaysia, sebutannya "pokok seribu guna".




Fakta Menarik




Sebuah penelitian di tahun 1984 mengungkapkan bahwa kemungkinan kematian akibat tertimpa kelapa lebih besar dari kematian yang disebabkan serangan hiu.
Sumber : ENSIKLOPEDIAKU frisian flag


Tidak ada komentar:

Posting Komentar