Search

Geologi Bumi




Geologi Bumi



Daftar isi :

Geologi Bumi


susunan geologi bumi

Bumi terdiri dari sejumlah lapisan dengan kedalaman bervariasi seperti gambar diatas, yakni kerak bumi(0-60 Kilometer), selimut bumi sebelah luar (35-60 kilometer), selimut bumi sebelah dalam (100-700 kilometer), inti bumi luar(2.890 kilometer), dan inti bumi (5.100 kilometer).
Bentuk permukaan bumi selalu berubah. Bentuk permukaan bumi sekarang berbeda dengan bentuk pada jutaan tahun lalu. Hal ini disebabkan pergerakan lempeng bumi.



Benua Pangea


Pangea adalah penamaan benua besar yang ada di bumi. Namun benua ini hanya ada pada 180 juta tahun yang lalu. Karena pergerakan lempeng bumi, benua ini terpecah menjadi benua-benua yang lebih kecil seperti yang kita saksikan sekarang. Perlahan-lahan bentuk ini pun terus berubah.pergerakan lempengKet : Pergeseran permukaan bumi 180 juta tahun lalu hingga seperti sekarang.



Teori Lempeng

pergerakan lempeng bumi

Teori ini menegaskan, bumi terdiri dari sejumlah lempeng (Litosfer, tebal 5-200 kilometer) di kulit dan selimut bumi, yang terus bergerak, Lempeng-lempeng ini ada yang bergerak saling mendesak, saling menjauh, ataupun saling bergesek. Pergerakan ini dapat menimbulkan gempa.



Fakta Menarik

Para ahli menemukan fakta bahwa sebelum pangea ada lagi benua besar lain yang pernah ada di bumi, yaitu Pannotia (600 juta tahun lalu) dan Rodinia (1.100 juta tahun lalu)

Sumber : ENSIKLOPEDIAKU frisian flag



Tidak ada komentar:

Posting Komentar