Search

Dugong




Dugong


Daftar isi :

Tentang Dugong


dugong

Dugong termasuk dalam mamalia air. Orang sering menyebutnya "sapi laut". Hewan ini banyak ditemukan di perairan di seluruh dunia, termasuk indonesia. Ia tinggal di perairan yang dangkal dan hangat. Berat dugong bisa mencapai 400 kilogram dengan panjang hingga tiga meter. Hewan ini memiliki lapisan lemak yang sangat banyak di tubuhnya. Dugong hanya bisa menyelam beberapa menit di dalam air. Setelah itu ia harus kembali ke permukaan untuk mengambil oksigen.



Perburuan oleh manusia


Karena tinggal di perairan yang dangkal. dugong mudah diburu manusia. Hewan ini diburu untuk diambil lemak dan dagingnya. Kadang-kadang giginya digunakan untuk hiasan. Selain itu, pencemaran laut juga menjadi salah satu penyebab berkurangnya populasi dugong. Jika keadaan ini dibiarkan, lama-kelamaan ia akan punah juga.



Legenda putri duyung


Dugong sering juga disebut "duyung" dalam bahasa indonesia. Menurut legenda, para pelaut sering diganggu oleh putri duyung yang cantik sehingga tersesat. Tetapi, dugong tidak secantik yang digambarkan dalam dongeng. Jadi legenda putri duyung hanya sekadar cerita saja.



Fakta mengenai Dugong


Pandangan dugong sangat buruk,namun pendengarannya sangat tajam. Karena itu, untuk mencari makanan, ia mengandalkan bagian-bagian sensitif yang ada di sekitar moncongnya.

sumber : ENSIKLOPEDIAKU frisian flag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar