Search

Paus Humpback






Paus Humpback

Paus Humpback

Paus HumpbackPaus Humpback(Megapetra Novaeangliae) dikenal juga dengan sebutan paus bongkok. Paus jenis ini banyak ditemui di perairan samudera. Panjangnya mencapai 16 meter, dan berat antara 25 hingga 40 ton. Dalam satu hari, paus bongkok membutuhkan lebih dari satu setengah ton makanan. Makanan ini terdiri dari ikan-ikan kecil yang hidup di laut. Paus bongkok bisa berenang dengan kecepatan hingga 26,5 kilometer per jam, terutama jika tengah menghadapi bahaya.

Dafar isi

Musuh Utama


Musuh utama paus bongkok adalah manusia. Paus jenis ini pernah diburu secara besar-besaran oleh manusia manusia berburu pausIa dibunuh untuk diambil lemak maupun dagingnya. Akibatnya jumlah paus ini terus berkurang. Namun kemudian para pecinta lingkungan memprotesnya. Akhirnya, komisi paus internasional yang dibentuk tahun 1946, melarang perburuan paus untuk komersial. Mereka menyatakan paus bongkok hewan yang dilindungi.



Berakrobat


akrobat pausPaus bongkok memiliki kemampuan "berakrobat". Misalnya dengan melompat dan membantingkan tubuhnya ke air.
Ia juga sering mencepa-cepakan ekor di permukaan air. Tidak diketahui mengapa paus berbuat seperti ini. Namun diperkirakan hal itu dilakukan untuk membuang parasit dari tubuhnya, atau untuk berkomunikasi dengan teman-temannya



FAKTA MENARIK

Paus bongkok diketahui bisa mengeluarkan suara. Suaranya sangat beragam. Diperkirakan suara ini digunakan untuk berkomunikasi dengan paus lain.

Sumber
:frisian flag ensiklopediaku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar